Senin, 18 Desember 2017

CONTOH PROPOSAL USAHA



PENDAHULUAN
Latar Belakang
Di jaman persaingan perdagangan saat ini, para wirausahawan berlomba-lomba untuk menciptakan suatu produk yang diharapkan akan disukai dan diminati oleh konsumen. Dari berbagai macam produk yang ada, produk makanan/kuliner merupakan salah satu produk yang paling diminati konsumen. Dengan pangsa pasar kalangan baik pelajar dan mahasiswa, maka saya memiliki ide pendirian usaha kuliner yaitu Makaroni Kepo.

Sesuai dengan gaya hidup anak muda yang senang dengan makanan ringan, inovasi makaroni ini bisa menjadi pertimbangan. Dengan dilengkapi dengan berbagai rasa, cocok untuk anak muda dan pastinya akan disukai oleh mereka. Berdasarkan Latar belakang diatas, maka saya membuat prposal pendirian usaha “MAKARONI KEP
PO”.
Rumusan Masalah
  1. Bagaimana strategi pemasaran yang berkelanjutan ?
  2. Bagaimana sistem pemasaran ?
Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari membuat proposal usaha ini :
  1. Sebagai syarat untuk memenuhi tugas prakarya dan kewirausahaan
  2. Sebagai inisiatif untuk membuka sebuah usaha
  3. Untuk melatih para siswa/i agar dapat membuat usahanya sendiri
Manfaat dari membuat proposal usaha ini :
Dapat mengetahui bagaimana membangun sebuah usaha yang innofatif dan kreatif sehingga jika suatu saat ingin membuka sebuah usaha sudah mengetahui usaha apa yang akan dijalankan dan bagaimana mengembangkannya.
Rencana Bisnis
Visi  usaha kami adalah menjadikan usaha olahan makanan cemilan makaroni ini dikenal masayarakat, lebih disukai semua kalangan dan tentunya bisa diolah dengan banyak menu. selain itu visi kami membuat usaha kami ini bermanfaat bagi lingkungan sekitar dengan membuka banyak lapangan kerja, dan memotivator banyak orang untuk bisa menjadi seorang pengusaha, terutama kaum remaja dan anak-anak muda.
Misi usaha kami adalah membuat camilan ini adalah yang pembuatannya monoton seperti gorengan saja. Kami juga menerima saran dari orang-orang tentang olahan rasa sehingga kami bisa menyesuaikan olahan kami dengan apa yang sedang trend di masyarakat. Sehingga olahan camilan kami bisa dikenal bahkan hingga manca negara.
Struktur organisasi perusahaan “ MAKARONI KEPPO “
Pimpinan perusahaan : Falah Fadhilah
Bendahara : Zahra Miftahuljanah
Pemasaran : Nurma Haliza Diputri
Produksi : Adriti Linggadewi
Strategi Bisnis
Langkah Promosi
Di awal usaha saya membuat promosi dengan memberikan sample dari makanan tersebut sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli, menawarkan melalui media sosial seperti Instagram, menawarkan dengan broadcast message melalui BBM dan LINE.
Target Pasar
Tempat diadakannya penjualan kepada konsumen adalah di kampus, luar kampus dan tempat-tempat umum lainnya. Banyak diminati setiap orang dari mulai anak-anak, dewasa maupun orang tua.
Keunikan Produk / Brand
Terdiri dari beberapa rasa, tidak berminyak, namanya mudah diingat








Keunggulan Usaha
1.Harga terjangkau sesuai dengan target pasar saya yaitu kalangan pelajar juga masyarakat pada umumnya dari semua kalangan.
2. Penampilan dan rasa cukup menarik Keberlanjutan

Rencana aktifitas penjadwalan












Laba Rugi
MAKARONI KEPPO
LAPORAN RUGI LABA
PERIODE NOVEMBER 2017

Unit yang terjual dalam 1 bulan
20 karung x 420 pcs = 8.400 pcs
Harga Jual Rp. 5.000/ pcs
Omset penjual 8.400 pcs x 5.000 =                                                                                                        Rp. 42.000.000

Biaya produksi :
Bahan baku :
·         Makaroni 1 karung x                                                                                                                         Rp. 387.500
·         Bumbu – bumbu :
                                  a.         Asin : Rp. 70.000/ kg
                                 b.         Pedas : Rp. 50.000/kg
                                  c.          Rasa : Rp. 55.000/kg               +
                                                                                                                                 RP. 175 .000
·         Minyak 10 Liter
@2L                                                                                                                                                           Rp. 23.000
23.000 x 5 =                                                                                                                                         Rp. 115.000
·         Gas 1 tabung                                                                                                                                          Rp. 20.000
·         Plastik sablon
150 x 420 =                                                                                                                                              Rp. 63.000
·         Kresek dan solatip                                                                                                                               Rp. 10.000
·         Ongkos kirim/ karung                                                                                                                          Rp.32.500                       +
                                                                                                                                                                           Rp. 803.000/kg
20 karung x 803.000                                                                                                                                    Rp. 16.060.000
Biaya oprasional :
·         Bensin = 25 hari x Rp. 15.000                                                                                                         Rp. 375.000
·         Beban gaji = 2 karyawan x Rp. 2.500.000                                                                              RP. 5.000.000
·         Beban listrik                                                                                                                                         Rp. 500.000
·         Uang makan 30hari x Rp . 100.000                                                                                           Rp. 3.000.000       +
Rp. 8.875.000
TOTAL PENGELUARAN                                                                                                                   Rp. 24.935.000
LABA BERSIH =
Rp. 42.000.000  - Rp. 24.935.000                                                                                                 Rp. 17.065.000


















Bagian Penutup
Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang. Usaha di bidang makanan ringan ini memberikan peluang pasar yang sangat luas. Sekarang permintaan konsumen akan isi makanan ringan semakin meningkat. Sasaran utama konsumen makaroni goreng yaitu pelajar, mahasiswa dan masyarakat kalangan menengah ke bawah, sehingga harga jual yang tidak terlalu tinggi akan membantu memperlancar proses penjualan.
Saran
Dengan melihat dari segi sumber daya kewirausahaan, produksi, minat pasar dan keuangan, apabila Makaroni kepo ini mampu mempertahankan cita rasa dan meningkakan kualitas makaroni, dan pelayanan kepada pelanggan maka peluang untuk terus mengembangkan usaha  semakin terbuka lebar.Pengembangan usaha dapat dilakukan dalam proses produksi dengan cara menambah sarana dan prasarana serta tenaga produksi untuk meningkatkan kapasitas produksi. Atau dengan cara meningkatkan tenaga kerja yang merupakan pengelola. Sehingga diharapkan dapat membuka cabang yang baru di lokasi lain yang tak kalah strategis.











                                                                                                                                    
Daftar Riwayat Hidup



Tidak ada komentar:
Write komentar