PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Di jaman persaingan perdagangan saat ini,
para wirausahawan berlomba-lomba untuk menciptakan suatu produk yang diharapkan
akan disukai dan diminati oleh konsumen. Dari berbagai macam produk yang ada,
produk makanan/kuliner merupakan salah satu produk yang paling diminati
konsumen. Dengan pangsa pasar kalangan baik pelajar dan mahasiswa, maka saya
memiliki ide pendirian usaha kuliner yaitu Makaroni Kepo.
Sesuai dengan gaya hidup anak muda yang senang dengan makanan ringan, inovasi makaroni ini bisa menjadi pertimbangan. Dengan dilengkapi dengan berbagai rasa, cocok untuk anak muda dan pastinya akan disukai oleh mereka. Berdasarkan Latar belakang diatas, maka saya membuat prposal pendirian usaha “MAKARONI KEPPO”.
Sesuai dengan gaya hidup anak muda yang senang dengan makanan ringan, inovasi makaroni ini bisa menjadi pertimbangan. Dengan dilengkapi dengan berbagai rasa, cocok untuk anak muda dan pastinya akan disukai oleh mereka. Berdasarkan Latar belakang diatas, maka saya membuat prposal pendirian usaha “MAKARONI KEPPO”.
Rumusan
Masalah
- Bagaimana strategi pemasaran yang berkelanjutan ?
- Bagaimana sistem pemasaran ?
Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari membuat proposal usaha ini :
- Sebagai syarat untuk memenuhi tugas prakarya dan kewirausahaan
- Sebagai inisiatif untuk membuka sebuah usaha
- Untuk melatih para siswa/i agar dapat membuat usahanya sendiri
Manfaat dari membuat proposal usaha ini :
Dapat mengetahui bagaimana membangun sebuah
usaha yang innofatif dan kreatif sehingga jika suatu saat ingin membuka sebuah
usaha sudah mengetahui usaha apa yang akan dijalankan dan bagaimana
mengembangkannya.
Rencana Bisnis
Visi
usaha kami adalah menjadikan usaha olahan makanan cemilan makaroni ini
dikenal masayarakat, lebih disukai semua kalangan dan tentunya bisa diolah
dengan banyak menu. selain itu visi kami membuat usaha kami ini bermanfaat bagi
lingkungan sekitar dengan membuka banyak lapangan kerja, dan memotivator banyak
orang untuk bisa menjadi seorang pengusaha, terutama kaum remaja dan anak-anak
muda.
Misi usaha kami adalah membuat camilan ini
adalah yang pembuatannya monoton seperti gorengan saja. Kami juga menerima
saran dari orang-orang tentang olahan rasa sehingga kami bisa menyesuaikan
olahan kami dengan apa yang sedang trend di masyarakat. Sehingga olahan camilan
kami bisa dikenal bahkan hingga manca negara.
Struktur
organisasi perusahaan “ MAKARONI KEPPO “
Pimpinan perusahaan : Falah Fadhilah
Bendahara : Zahra Miftahuljanah
Pemasaran : Nurma Haliza Diputri
Langkah
Promosi
Di awal usaha saya membuat promosi dengan
memberikan sample dari makanan tersebut sehingga konsumen akan tertarik untuk
membeli, menawarkan melalui media sosial seperti Instagram, menawarkan dengan
broadcast message melalui BBM dan LINE.
Target Pasar
Tempat diadakannya penjualan kepada
konsumen adalah di kampus, luar kampus dan tempat-tempat umum lainnya. Banyak
diminati setiap orang dari mulai anak-anak, dewasa maupun orang tua.
Keunikan
Produk / Brand
Terdiri dari beberapa
rasa, tidak berminyak, namanya mudah diingat
Keunggulan
Usaha
1.Harga terjangkau sesuai dengan target
pasar saya yaitu kalangan pelajar juga masyarakat pada umumnya dari semua
kalangan.
2. Penampilan dan rasa cukup menarik Keberlanjutan
Rencana
aktifitas penjadwalan
Laba Rugi
LAPORAN
RUGI LABA
PERIODE NOVEMBER 2017
Unit yang terjual dalam 1 bulan
20 karung x 420 pcs = 8.400 pcs
Harga Jual Rp. 5.000/ pcs
Omset
penjual 8.400 pcs x 5.000 = Rp. 42.000.000
Biaya
produksi :
Bahan baku
:
·
Makaroni 1 karung x Rp.
387.500
·
Bumbu – bumbu :
a.
Asin : Rp. 70.000/ kg
b.
Pedas : Rp. 50.000/kg
c.
Rasa : Rp. 55.000/kg +
RP.
175 .000
·
Minyak 10 Liter
@2L Rp.
23.000
23.000 x 5 =
Rp. 115.000
·
Gas 1 tabung Rp.
20.000
·
Plastik sablon
150 x 420 = Rp.
63.000
·
Kresek dan solatip Rp.
10.000
·
Ongkos kirim/ karung Rp.32.500
+
Rp.
803.000/kg
20 karung x
803.000 Rp. 16.060.000
Biaya
oprasional :
·
Bensin = 25 hari x Rp. 15.000 Rp.
375.000
·
Beban gaji = 2 karyawan x Rp.
2.500.000 RP.
5.000.000
·
Beban listrik Rp.
500.000
·
Uang makan 30hari x Rp . 100.000 Rp.
3.000.000 +
Rp. 8.875.000
TOTAL PENGELUARAN Rp.
24.935.000
LABA BERSIH =
Rp. 42.000.000 - Rp. 24.935.000 Rp. 17.065.000
Bagian Penutup
Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat
disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu
berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti
mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan
aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang
akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha ini tidak memerlukan modal
yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang. Usaha di bidang
makanan ringan ini memberikan peluang pasar yang sangat luas. Sekarang permintaan
konsumen akan isi makanan ringan semakin meningkat. Sasaran utama konsumen
makaroni goreng yaitu pelajar, mahasiswa dan masyarakat kalangan menengah ke
bawah, sehingga harga jual yang tidak terlalu tinggi akan membantu memperlancar
proses penjualan.
Saran
Dengan melihat dari segi sumber daya
kewirausahaan, produksi, minat pasar dan keuangan, apabila Makaroni kepo ini
mampu mempertahankan cita rasa dan meningkakan kualitas makaroni, dan pelayanan
kepada pelanggan maka peluang untuk terus mengembangkan usaha semakin terbuka lebar.Pengembangan usaha
dapat dilakukan dalam proses produksi dengan cara menambah sarana dan prasarana
serta tenaga produksi untuk meningkatkan kapasitas produksi. Atau dengan cara
meningkatkan tenaga kerja yang merupakan pengelola. Sehingga diharapkan dapat
membuka cabang yang baru di lokasi lain yang tak kalah strategis.
Daftar Riwayat Hidup
Tidak ada komentar:
Write komentar